• Posted by : Admin Jumat, 21 Juli 2017



    PENGERTIAN E-COMMERCE

    Electronic Commerce (E-Commerce) adalah proses pembelian dan penjualan produk, jasa dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan computer. E-commerce juga mengandung pengertian sebagai penyebaran, pemasaran jasa, melalui sistem elektronik seperti internet atau jaringan computer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik,sistem manajemen inventory otomatis dan sistem pengumpulan data otomatis.

    Berikut adalah keuntungan dan kerugian dari e-commerce.

    Keuntungan dari e-commerce :

    1. Meningkatkan pendapatan dengan menggunakan online channel yang biayanya lebih
    murah.
    2. Mengurangi biaya-biaya yang berhubungan dengan kertas, seperti biaya pos surat,
    pencetakan, report, dan sebagainya.
    3. Mengurangi keterlambatan dengan menggunakan transfer elektronik/pembayaran yang
    tepat waktu dan dapat langsung dicek.
    4. Mempercepat pelayanan ke pelanggan, dan pelayanan lebih responsif.
    5. Melebarkan jangkauan (global reach).
    6. Meningkatkan customer loyality.
    7. Meningkatkan supplier management.
    8. Memperpendek waktu produksi.
    9. Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan).

    Kerugian dari e-commerce :

    1. Kehilangan segi finansial secara langsung karena kecurangan. Seorang penipu mentransfer uang dari rekening satu ke rekening lainnya atau dia telah mengganti semua data finansial
    yang ada.
    2. Pencurian informasi rahasia yang berharga. Gangguan yang timbul bisa menyingkap semua informasi rahasia tersebut kepada pihak-pihak yang tidak berhak dan dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban.
    3. Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan. Kesalahan ini bersifat kesalahan non-teknis seperti aliran listrik tiba-tiba padam.
    4. Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak. Misalkan seorang hacker yang berhasil membobol sebuah sistem perbankan. Setelah itu dia memindahkan sejumlah rekening orang lain ke rekeningnya sendiri.
    5. Kehilangan kepercayaan dari para konsumen. Ini karena berbagai macam faktor seperti usaha yang dilakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang berusaha menjatuhkan reputasi perusahaan tersebut.
    6. Kerugian yang tidak terduga. Disebabkan oleh gangguan yang dilakukan dengan sengaja, ketidakjujuran, praktek bisnis yang tidak benar, kesalahan faktor manusia, kesalahan faktor manusia atau kesalahan sistem elektronik.



    { 1 komentar... read them below or add one }

    1. Bagaimana E-Commerce dapat meningkatkan pendapatan dengan memanfaatkan saluran online yang lebih ekonomis?
      Telkom University

      BalasHapus

  • - Copyright © Welcome To My BLOG - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -